skripsi olahraga sepakbola
skripsi olahraga sepakbola | PENGARUH METODE MENGAJAR DAN KELINCAHAN TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAMBI TAHUN 2010
skripsi olahraga sepakbola | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh metode mengajar antara yang menggunakan gaya komando dengan gaya latihan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Sambi tahun 2010. (2) Perbedaan pengaruh kelincahan tinggi dan kelincahan rendah terhadap
keterampilan teknik dasar sepakbola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Sambi tahun
2010. (3) Interaksi antara metode mengajar dan kelincahan terhadap keterampilan teknik
dasar sepakbola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sambi tahun 2010. skripsi olahraga sepakbola
Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas adalah eksperimen
dengan rancangan faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sambi tahun
2010. Sampel diambil sebanyak 40 siswa dari populasi sebanyak 74 siswa secara purposive
stratified random sampling, yang dikelompokan ke dalam empat sel, sesuai dengan
rancangan penelitian. Pelaksanaan perlakuan ( treatment ) diberikan selama 6 minggu dan
dilaksanakan secara bertahap dengan mengerjakan program pembelajaran yang telah
ditentukan. Data penelitian dikumpulkan dengan tes dan pengukuran. Data kelincahan siswa
yang diukur dengan LSU Agility Obstacle Course digunakan sebagai dasar klasifikasi
kelincahan tinggi dan kelincahan rendah. Data keterampilan teknik dasar sepakbola diambil
dengan Yeagley Soccer Battery Test. Data dianalisis dengan teknik statistik Anava dua faktor
dan uji Newman-Keuls Pasca Anava.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagau berikut : (1) Ada perbedaan
pengaruh antara pembelajaran teknik dasar sepakbola menggunakan gaya komando dengan
menggunakan gaya latihan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, dengan Fₒ = 7,82
> Ft = 4,08. Pengaruh metode mengajar menggunakan gaya latihan lebih baik daripada
menggunakan gaya komando, dengan nilai peningkatan masing – masing adalah 5175,765
dan 2102,731. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelincahan tinggi dengan
kelincahan rendah terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, dengan Fₒ = 9,51 > Ft =
skripsi olahraga sepakbola
4,08 . Peningkatan keterampilan teknik dasar sepakbola pada siswa dengan kelincahan tinggi
lebih baik dari siswa yang mempunyai kelincahan rendah, dengan nilai peningkatanya
masing – masing adalah 4957,13 dan 2321,35, dan (3) ada interaksi antara metode mengajar
dan kelincahan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, Fₒ = 4,74 > Ft = 4,08.
skripsi olahraga sepakbola | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh metode mengajar antara yang menggunakan gaya komando dengan gaya latihan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Sambi tahun 2010. (2) Perbedaan pengaruh kelincahan tinggi dan kelincahan rendah terhadap
keterampilan teknik dasar sepakbola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Sambi tahun
2010. (3) Interaksi antara metode mengajar dan kelincahan terhadap keterampilan teknik
dasar sepakbola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sambi tahun 2010. skripsi olahraga sepakbola
Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas adalah eksperimen
dengan rancangan faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sambi tahun
2010. Sampel diambil sebanyak 40 siswa dari populasi sebanyak 74 siswa secara purposive
stratified random sampling, yang dikelompokan ke dalam empat sel, sesuai dengan
rancangan penelitian. Pelaksanaan perlakuan ( treatment ) diberikan selama 6 minggu dan
dilaksanakan secara bertahap dengan mengerjakan program pembelajaran yang telah
ditentukan. Data penelitian dikumpulkan dengan tes dan pengukuran. Data kelincahan siswa
yang diukur dengan LSU Agility Obstacle Course digunakan sebagai dasar klasifikasi
kelincahan tinggi dan kelincahan rendah. Data keterampilan teknik dasar sepakbola diambil
dengan Yeagley Soccer Battery Test. Data dianalisis dengan teknik statistik Anava dua faktor
dan uji Newman-Keuls Pasca Anava.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagau berikut : (1) Ada perbedaan
pengaruh antara pembelajaran teknik dasar sepakbola menggunakan gaya komando dengan
menggunakan gaya latihan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, dengan Fₒ = 7,82
> Ft = 4,08. Pengaruh metode mengajar menggunakan gaya latihan lebih baik daripada
menggunakan gaya komando, dengan nilai peningkatan masing – masing adalah 5175,765
dan 2102,731. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelincahan tinggi dengan
kelincahan rendah terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, dengan Fₒ = 9,51 > Ft =
skripsi olahraga sepakbola
4,08 . Peningkatan keterampilan teknik dasar sepakbola pada siswa dengan kelincahan tinggi
lebih baik dari siswa yang mempunyai kelincahan rendah, dengan nilai peningkatanya
masing – masing adalah 4957,13 dan 2321,35, dan (3) ada interaksi antara metode mengajar
dan kelincahan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, Fₒ = 4,74 > Ft = 4,08.