contoh abstrak skripsi jurusan pendidikan matematika
ABSTRAK
contoh abstrak skripsi jurusan pendidikan matematika | Asmadi. 2012. ”Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Inquiry Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI Pagaralam Tahun Ajaran 2012-2013”. SKRIPSI. Program studiPendidikan Matematika, Program Sarjana (S1). Sekolah Tinggi Keguruan dan
Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Pagaralam. Pembimbing I Halimah
Tusa’diah, S.Pd, Pembimbing II Erma Magdalena, S.Pd. Pendidik harus mampu menciptakan situasi yang dapat menunjang perkembangan belajar siswa, termasuk dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Semua ini tidak terlepas dari bagaimana pendidik menampilkan kemampuan kepribadiannya
dalam proses belajar mengajar. Hal inilah yang disebut peran pendidik sebagai
motivator. Sehingga penulis mengadakan penelitian deskriptif kuantitatif yang
berjudul Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan
Inquiry Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI
Pagaralam Tahun Ajaran 2012-2013. Masalah pada penelitian ini adalah Apakah
ada pengaruh hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan Inquiry
Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI Pagaralam
Tahun Ajaran 2012-2013?. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menggunakan pendekatan Inquiry
Discovery Learning dalam mata pelajaran matematika dikelas X SMK PGRI
Pagaralam Tahun Ajaran 2012-2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMK PGRI Pagaralam Tahun Ajaran 2012-2013 yang berjumlah
240 siswa, sampel penelitian ini adalah kelas X.2 dan X.4. Pengumpulan data
diambil dengan metode tes dalam bentuk essay, sedangkan analisis data
menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu uji hipotesis dengan rumus statistik
subjek t (statistik uji t). Setelah diadakan penelitian maka didapat yaitu 2.639 > 1.693 maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar dengan menggunakan pendekatan Inquiry Discovery Learning dalam mata pelajaran matematika dikelas X SMK PGRI Pagaralam Tahun Ajaran 2012/2013. Berkaitan dengan hasil penelitian,
guru matematika disarankan untuk dapat menggunakan pendekatan Inquiry
Discovery Learning sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan
hasil belajar siswa.
Kata Kunci : contoh abstrak skripsi jurusan pendidikan matematika