contoh judul skripsi pendidikan matematika
contoh judul skripsi pendidikan matematika| : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN JAMBEWANGI SECANG TAHUN PELAJARAN 2004/2005 MELALUI PENGGUNAAN PIAS-PIAS (CHART) PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DESIMAL |
SUNARTI . 2005., Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA. Universitas Negeri Semarang.
Sangatlah pentin pengajaran matematika di Sekolah Dasar karena merupakan dasar untuk mempelajari matematika di jenjang berikutnya. Bagi siswa kelas V Sekolah dasar Negeri Jambewangi Secang, materi yang dirasakan sulit dipahami adalah tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal. Hal ini dapat ditunjukkan hasil belajar yang dicapai masih rendah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penggunaan alat peraga pias-pias (chart) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pkok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penggunaan pias-pias (chart) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pechan desimal pada kelas V SD N Jambewangi Secang Magelang.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN ambewangi Secang Magelang yang memiliki 25 siswa. SDN Jambewang terletak di perbatasan Kabupaten Magelang dengan Koa Magelang sebelah komplek YON ARMED 3. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jambewangi Secang Magelang tahun pelajaran 2004/2005 berjumlah 25 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 2 Pebruari 2005, siklus II dilaksanakan pada tanggal 7 Pebruari 2005, sedangkan siklus III dilaksanakan pada tanggal 14 Pebruari 2005. adapun data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari hasil tugas, hasil prestasi belajar dan hasil observasi kegiatan belajar.
Hasil penelitian siklus I yang mendapatkan nilai kurang dari 6,5 ada 7 siswa, dengan rata-rata kelas 7,2. kemudian dilanjutkan siklus II yang memperoleh nilai kurang dari 6,5 ada 11 siswa dengan rata-rata kelas 7,5, dilanjutkan siklus III ini nilai rata-rata kelas memperoleh nilai 8,5.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaan dengan mengunakan alat peraga pias-pias (chart) pada penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal dapat ditingkatkan bahkan alat peraga pias-pias ini dapat dikembangkan pada pokok bahasan yang lain dengan materi yang sesuai dengan pembelajaran pias-pias.