skripsi pendidikan matematika download

www.skripsiutama.blogspot.com
Skripsi Pendidikan Matematika : ESTIMATOR BAYES UNTUK RATA-RATA TAHAN HIDUP DARI DISTRIBUSI GAMMA DENGAN SAMPEL LENGKAP SERTA SIMULASINYA DENGAN PROGRAM MICROSOFT VISUAL BASIC VERSI 6.0

SUPARDI, 2005. Skripsi Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

skripsi pendidikan matematika download | Estimasi parameter populasi dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan klasik dan pendekatan bayes. Estimator yang diperoleh dengan pendekatan bayes disebut estimator bayes. Uji hidup merupakan penyelidikan eksperimental tentang tahan hhidup dari suatu benda atau unit (komponen) di bawah kondisi operasi tertentu. Data tahan hidup yang diperoleh dari percobaan uji hidup dapat berbentuk data lengkap, data tersensor tipe I, dan data tersensortipe II. Salah satu distribusi yang digunakan dalam analisis data uji hidup adalah distribusi Weibull, namun belum dibuat simulasinya dengan bantuan komputer khususnya dengan program Microsoft Visual Basic versi 6.0.

Berdasarkan uraian di atas permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimana bentuk estimator bayes dan estimator maksimum likelihood (MLE) untuk rata-rata tahan hidup dari data uji hidup berdistribusi Weibull dengan sampel lengkap, serta bagaimana simulasinya dengan menggunakan program Microsoft Visual Basic versi 6.0? Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk estimator bayes dan estimator maksimum likelihood (MLE) untuk rata-rata tahan hidup dari data uji hidup berdistribusi Weibull dengan sampel lengkap, serta simulasi dari hasil yang didapat dengan program Microsoft Visual Basic versi 6.0. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk masukan sebagai alternatif pemilihan dalam persoalan estimasi (dalam statistika).

Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode studi literatur yaitu mencari konsep-konsep dasar yang diperkirakan akan mengantar ke pemecahan masalah yaitu bentuk estimator bayes dan estimator maksimumlikelihood (MLE) serta simulasinya untuk rata-rata tahan hidup dari data uji hidup berdistribusi Weibull dengan sampel lengkap.

Dengan menggunakan program Microsoft Visual Basic versi 6.0, simulasi yang diperoleh dapat diselesaikan secara cepat dan akurat. Adapun saran-saran yang dapat disampaikan adalah perlu dilakukannya penelitian lanjut untuk 1) mencari estimator bayes untuk rata-rata tahan hidup dari distribusi Weibull dengan sampel tersensor tipe I dan II, 2) mencari simulasinya dengan menggunakan program komputer selain Microsoft Visual Basic 6.0 sehingga dapat diperoleh program komputer mana yang lebih cepat dan lebih baik digunakan
www.skripsiutama.blogspot.com